Senin, 18 Februari 2019

Macam-Macam Majas

*Macam-Macam Majas*
Oleh: Melia Shena


Majas adalah gaya bahasa perumpamaan atau kiasan yang pada umumnya digunakan untuk menguatkan kesan suatu kalimat tertulis atau lisan dan menimbulkan nuansa imajinatif bagi para penyimaknya.

*Majas Perbandingan*
Sesuai namanya, majas ini menyatakan perbandingan untuk meningkatkan kesan dan juga pengaruhnya terhadap pendengar dan pembaca. Contoh majas perbandingan:

1. Majas Perumpamaan (Asosiasi)
Majas perumpamaan atau asosiasi adalah majas yang membandingkan sesuatu dengan keadaan lainnya karena persamaan sifat, atau majas yang membandingkan dua hal berbeda namun dianggap sama.

Ciri majas asosiasi ini adalah adanya kata penghubung: ibarat, bagai, laksana, seumpama, bagaikan, bak dan lain sejenisnya. Majas yang sering disebut majas asosiasi ini seringkali digunakan dalam obrolan, maupun dalam penulisan.

2. Majas Personifikasi
Majas Personifikasi adalah majas yang membandingkan benda-benda mati seperti seolah-olah memiliki sifat manusia. Majas ini membuat benda mati seperti dapat melakukan sesuatu seperti yang dilakukan makhluk hidup.

3. Majas Metafora
Majas metafora ialah majas yang mengungkapkan perbandingan analogis antara dua hal yang berbeda. Majas ini digunakan sebagai bentuk kata kiasan untuk mengungkapkan sesuatu.

4. Majas Alegori
Majas alegori adalah majas yang digunakan untuk menjelaskan maksud tertentu secara tidak langsung (non harfiah) namun masih saling berkaitan. Majas ini menjelaskan suatu hal secara tersirat menggunakan perbandingan hal lain. Mirip dengan majas metafora tetapi membandingkan secara keseluruhan / utuh.

5. Majas Metonimia
Majas metonimia yaitu majas yang digunakan untuk menyebutkan satu kata dengan kata lainnya yang masih berhubungan erat. Penjelasan mudahnya seperti menggunakan merk atau nama khusus suatu benda sebagai pengganti benda lain yang lebih umum.

Malam ini kita bahas lima majas ini dulu ya. Silakan kalau ada yang mau ditanyakan. Kalau tidak, mari kita berlatih menulis puisi menggunakan majas perbandingan.


 Contoh majas perumpamaan : Semangatnya begitu keras bagaikan batu

Contoh majas personifikasi :
Dedaunan melambai-lambai tertiup angin.

Contoh majas metafora :
Dewi malam menunjukkan sinar cerahnya malam ini.

Contoh majas alegori:
Berumah tangga itu diumpamakan seperti mengarungi samudra dengan bahtera, terkadang dijumpai indahnya panorama yang begitu mempesona tapi tidak jarang terkena hantaman ombak dan badai menerpa, membuat guncangan dahsyat ke kita.

Contoh majas metonimia:
Rojolele makin hari semakin mahal padahal upah buruh tak kunjung naik (beras).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar